Saturday 8 June 2013

Belanda Tumbangkan Indonesia 3-0



Siem de Jong berhasil membobol gawang Timnas Indonesia (GATRAnews/Eva Agriana Ali)
Siem de Jong berhasil membobol gawang Timnas Indonesia 

 Tim nasional Belanda berhasil menumbangkan tim nasional Indonesia dengan skor 3-0 dalam laga persahabatan yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, (7/6). Gol Belanda diciptakan Siem de Jong menit ke-49 dan 60. Dan Arjen Robben di menit ke 88. Pelatih Jacksen Tiago memasang lima pemain bertipe bertahan, untuk lebih memperkuat pertahanan. Sementara Boaz Solossa dan Greg Nwokolo didaulat menjadi penopang Serginho Van Dijk untuk mengelola lini serang Indonesia.

Di kubu tamu, Louis Van Gaal menerapkan pola 4-4-2. Ron Vlaar mengkomando lini pertahanan, Wesley Sneijder sebagai pengatur serangan, dan Robin van Persie sebagai pengobrak-abrik pertahanan lawan. Babak pertama berlangsung dua menit, Belanda langsung mencetak gol melalui Sneijder. Untung saja gol tersbut dianulir karena Sneijder sudah berdiri dalam posisi offside. Van Persie mengancam melalui kaki  kanannya, di menit keempat, namun masih menyamping di kiri gawang Kurnia Meiga.

Belanda terus menggempur Indonesia melalui serangan yang selalu berawal dari kaki Wesley Sneijder. Serangan-serangan Belanda terus membahayakan lini belakang Indonesia. Jeremains Lens mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan pertandingan. Ia diganti Arjen Robben di menit ke-15. Hingga menit ke-25 Indonesia belum mampu keluar dari tekanan Belanda. Sampai akhirnya Greg Nwokolo mendapat kesempatan emas karena berhasil berhadap-hadapan dengan kiper Jasper Cilessen. Sayang Ron Vlaar yang terus mengawal ketat Greg, berhasil melakukan intercept dengan baik.

RvP mandapat peluang emas di menit ke-30. Menerima umpan lambung dari sayap kanan, tandukan striker andalan Manchester United masih melambung tipis di atas gawang Meiga. Selang beberapa menit, RvP lagi-lagi mengancam, namun tendangan bebasnya hanya menyamping. RvP memang menjadi momok di babak pertama bagi pertahanan Indonesia. Di menit ke-40 sebuah umpan terobosan dari Robben gagal dimanfaatkannya menjadi gol.

Pada tambahan waktu tiga menit, Belanda menciptakan dua peluang yang berhasil dimentahkan dengan baik oleh Meiga. Kemudian sampai peluit panjang ditiupkan, skor masih imbang tanpa gol. Babak kedua berlangsung, kedua kesebelasan langsung melakukan pergantian pemain. Di kubu Indonesia, Immanuel Wanggai digantikan oleh Ahmad Bustomi, dan Ricardo Salampessy digantikan Zulkifli Syukur.

Sementara di kubu Belanda, Van Gaal memasukkan tiga nama sekaligus, Johnny Heitinga menggantikan Eric Pieters, Siem de Jong menggantikan RvP, dan Kenneth Vermer menggantikan Jasper Cillisen. Menit ke 49, Belanda akhirnya mampu memecahkan kebuntuan melalui Siem de Jong. Pemain Ajax Amsterdam ini berhasil memanfaatkan umpan crossing Ruben Schaken dengan tandukan yang tak mampu dihalau Meiga. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Belanda.

Tak tinggal diam, pelatih Jacksen ingin mempertajam serangan dari sayap dengan memasukkan Andik Vermansyah menggantikan Greg Nwokolo. Belanda kembali melakukan pergantian pemain. Menit ke-60, Dwight Tiendall masuk menggantikan Daryl Janmaat. Semenit kemudian, dari kubu Indonesia, Van Dijk digantikan Ian Louis Kabes.

Tak salah Van Gaal memasukkan De Jong. Tandukannya di menit ke-62 kembali berhasil memperdaya Meiga. Belanda unggul 2-0. Jacksen kembali melakukan penyegaran pemain. Toni Sucipto yang tampak kocar kacir meladeni Schaken, digantikan Hendro Siswanto di menit ke 69.

Beberapa menit kemudian, Andik Vermansyah sedikit memberi ancaman bagi pertahanan Belanda. Sayatannya dari sisi kiri Belanda berhasil menciptakan peluang, meskipun hanya berakhir menjadi corner kick. Menjelang berakhirnya pertandingan, Robben berhasil mengelabui dua bek Indonesia dan melepaskan tendangan keras yang tak bisa dibendung Meiga. Skor 3-0 bertahan hingga usai. 

0 comment:

Post a Comment