Friday 14 June 2013

Percaya Tidak Percaya, Ini 5 Takhayul Paling Aneh Sedunia


Tidak hanya di Indonesia, ternyata negara lain juga punya banyak takhayul. Malah, beberapa di antaranya malah jadi daya tarik wisata dunia. Berikut 5 takhayul paling aneh yang malah menarik bagi wisatawan.

Semakin aneh dan provokatif kisah dan legenda yang ada di sana, semakin banyak turis yang datang ke destinasi tersebut. Dari Travel+Leisure, Jumat (14/6/2013), berikut 5 takhayul paling aneh sedunia yang jadi magnet wisata:

1. Temukan cinta sejati di Tembok Juliet, Italia

Verona, Italia jadi kota yang hampir selalu dibanjiri para pecinta romantisme, terutama dari kisah Shakespeare yaitu Romeo dan Juliet. Di kota ini, ada satu bagian bangunan yang sangat terkenal dengan nama Tembok Juliet.

Dari kisah yang tercipta, cinta sejati bisa ditemukan dengan menyelipkan surat di sela bata. Takhayul atau legenda telah tercipta, alhasil, tembok ini dipenuhi dengan surat yang berisi penuh pengharapan cinta sejati. Tapi karena kini legenda itu sudah terlalu populer, pengunjung tidak lagi bisa menaruh surat cinta di sana. 

2. Bunga warna kuning pertanda tidak setia di Rusia

Hati-hati saat ingin memberi bunga kepada orang lain saat di Rusia. Karena salah-salah, bisa dianggap tidak sopan. Menurut orang Rusia, bunga berwarna kuning dianggap sebagai lambang tidak setia, atau sebagai kutukan dalam sebuah hubungan. 

Selain itu, Anda tidak boleh bersiul selama berada di dalam rumah. Karena, bersiul dianggap bisa membawa nasib buruk masuk ke rumah. Ditambah, hal itu juga dianggap tidak sopan. 

3. Menyebut nama mantan presiden Argentina adalah hal haram

Bukan cuma Voldemort yang namanya tidak boleh disebut, tapi juga Carlos Menem. Ia adalah mantan presiden yang dianggap sebagai penyebab hancurnya ekonomi Argentina tahun 2001 silam. Menem pun dianggap sebagai kutukan hidup. Tidak ada yang mau menyebut namanya.

Warga lokal sering menggunakan nama lain seperti Mendez kala membicarakan pria yang satu ini. Hal unik terjadi saat ada orang yang menyebutkan nama Menem secara tidak sengaja. Bagi wanita, jika mendengar kata Menem, mereka akan menyentuh dada kiri. Sedangkan pria yang mendengar nama itu, akan menyentuh testikel kirinya. Tindakan ini dipercaya bisa menjauhkan mereka dari hal buruk.

4. Menyentuh Batu Intihuatana di Macchu Picchu bisa membawa ke dunia lain

Ada saja takhayul yang hadir di situs objek wisata yang berhubungan dengan kisah sejarah dan legenda. Seperti di situs Macchu Picchu di Peru. Situs ini dikenal sebagai peninggalan suku Maya yang dulu terkenal telah memiliki peradaban yang sangat maju. 

Batu Intihuatana di Macchu Picchu menjadi titik takhayul yang dipercayai banyak wisatawan. Konon, jika menyentuh batu tersebut dengan dahi, mereka bisa masuk ke dunia lain. Percaya tidak percaya.

5. Makan anggur di malam Tahun Baru bisa membawa keberuntungan

Ada yang unik saat malam Tahun Baru di Spanyol. Alih-alih meniup terompet dan membisikkan doa setelah pukul 24.00, mereka memilih memakan anggur sebanyak 12 buah.

Makan 12 buah anggur saat malam Tahun Baru dipercaya bisa membawa nasib baik sepanjang tahunnya, demikian menurut kepercayaan orang Spanyol. 12 Buah mewakili 12 bulan. Jadi, Anda bisa menyematkan doa setiap memakan satu buah anggur. Selain itu, saat tahun baru, orang Spanyol juga biasa membuang seember air keluar dari jendelanya sebagai tanda memulai sesuatu yang baru.

0 comment:

Post a Comment