Thursday 13 June 2013

Messi Dituduh Curangi Pajak Rp 47 Miliar di Spanyol


http://images.detik.com/content/2013/06/13/4/114609_messi.jpegBintang sepakbola asal Argentina Lionel Messi yang bermain untuk klub Barcelona dituduh melakukan kecurangan pajak senilai US$ 5 juta atau sekitar Rp 47 miliar ke pemerintah Spanyol. Namun Messi membantahnya.

Menurut dokumen pengadilan yang dikutip dari CNN, Kamis (13/6/2013), jaksa penuntut menuduh pemain Barcelona ini beserta ayahnya Jorge Horacio mengajukan restitusi atau pengembalian pajak palsu selama 2006-2009.

Akan tetapi, penyandang 4 kali pemain terbaik dunia ini membantahnya. Messi yang sedang bertugas bermain untuk negaranya membantah tuduhan tersebut lewat aku Facebook.

"Kami baru saja mengetahui dari media soal adanya tuntutan dari otoritas Pajak Spanyol. Kami terkejut dengan berita ini, karena kami tidak pernah melakukan pelanggaran apapun. Kami selalu memenuhi seluruh kewajiban pajak berdasarkan nasihat dari konsultan pajak kami, yang juga akan mengklarifikasi situasi ini," demikian ungkap Messi soal tuduhan kecurangan tersebut.

Menurut dokumen tuntutan dari jaksa bernama Raquel Amado yang beroperasi di Gava, sebuah resor pinggir pantai dekat tempat tinggal Messi, dituduhkan bahwa Messi dan ayahnya menghindari pajak di Spanyol dengan cara menjual hak pemain melalui perusahaan di luar negeri.

Messi yang bulan ini akan menginjak umur 26 tahun merupakan atlet dengan gaji tertinggi nomo 10 menurut majalah Forbes. Tahun lalu penghasilan Messi mencapai US$ 41 juta atau sekitar Rp 200 miliar. Penghasilan tersebut terdiri dari gajinya di Barcelona US$ 20 juta dan pendapatan dari sponsor US$ 21 juta, termasuk Adidas dan PepsiCo.

Pihak Barcelona menolak untuk berkomentar soal tuduhan kecurangan pajak kepada Messi.



0 comment:

Post a Comment