Wednesday 12 June 2013

Google Punya Pesaing Baru di Internet

Google masih merajai dunia maya hingga saat ini. Tercatat perusahaan besar di dunia masih menyaingi di jagat dunia maya seperti Microsoft dengan Bing, Yahoo dengan Yahoo Search, hingga Duckduckgo tak bisa mengimbangi kedigdayaan Google. 

Google masih merajai pasar browsing hingga 96%. Namun, para analis menyatakan perubahan perangkat mobile begitu cepat. Sehingga, lahir kompetisi yang bisa mengakibatkan ketidakpastian dari dominasi Google. Ini membuat banyak produk mesin pencarian baru bermunculan.

Penantang baru yang bernama Blekko, adalah anak dari izik.com. Berbeda dari Google, Blekko menampilkan hasil pencarian dengan menelusuri miliaran halaman web, Izik juga memasukkan hasil pencarian dari aplikasi macam news reader Flipboard, peramban Rockmelt, hingga dari Zite. 

Izik berusaha mengambil ceruk di sektor pencarian mobile. Menurut Richard Skrenta, CEO Blekko, selama ini mesin pencari masih memakai pandangan desktop/komputer. "Pencarian di perangkat tablet itu berbeda," ujarnya. 

Menurut dia, pencarian di perangkat mobile cenderung santai dan tergantung mood untuk membolak-balik banyak hasil pencarian. "Penggunaannya lebih untuk main-main," kata Skrenta.

0 comment:

Post a Comment