Friday 14 June 2013

Jokowi Blusukan di KL, Belajar Bikin Terowongan Sampai Coba Monorel

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kuala Lumpur (KL), Malaysia. Aksi blusukan juga dilakoninya seperti saat di Jakarta. Apa saja kegiatannya?

Dari pantauan Jumat (14/6/2013), Jokowi awalnya menyambangi kantor SMART Tunnel yang merupakan operator terowongan raksasa di KL. Jakarta memang tengah berencana membangun terowongan raksasa ini untuk menghadang banjir, dan juga sekaligus sebagai jalur alternatif untuk kendaraan jika sedang tidak banjir.

Di kantor SMART, Jokowi melihat operasional terowongan raksasa pencegah banjir di KL. "Sangat mungkin (dibangun di Jakarta), tinggal sebuah keputusan politik. Kalau lihat angka-angka yang dipresentasikan kira-kira 70% bisa dari pemerintah, 30% dari swasta. Saya jamin 6 tahun kembali investasinya," ujar Jokowi usai kunjungan itu.

Mengenakan batik coklat, Jokowi menyatakan, sudah ada pihak swasta alias investor untuk pembangunan terowongan raksasa tersebut. Namun, ia belum mau mengungkapkan identitasnya.

Pembangunan terowongan ini, kata Jokowi, sudah mendesak. Curah hujan yang tinggi dan kondisi fisik Jakarta sudah tidak mampu lagi menghadang banjir.

Usai dari kantor SMART, Jokowi langsung menyambangi sarana transportasi monorel yang sudah dimiliki Kuala Lumpur. Di dalam monorel banyak yang menyapa dan menyalami Jokowi. Dari monorel, Jokowi berjalan kaki ke Hotel JW Marriott untuk mengadiri acara Enjoy Jakarta, sebagai promosi wisata Jakarta.

0 comment:

Post a Comment