Wednesday 12 June 2013

Basuki: Air Mancur Taman Anggrek Juga Dibongkar, Tak Peduli Feng Shui

                              

 Pelebaran Jalan Arjuna di Jakarta Barat bukan hanya akan berdampak pada pedagang tanaman hias. Air mancur Mal Taman Anggrek pun terancam dibongkar.

"Air mancur Taman Anggrek kita bongkar, enggak peduli Feng Shui, kita bongkar," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat menemui Ibu Leo Hartana, salah seorang warga yang terkena pelebaran Jalan Arjuna, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/6/2013), diambil dari akun resmi Pemprov DKI di Youtube

Sesuai rencana Pemprov DKI Jakarta, Jalan Arjuna Utara dan Selatan yang terletak di pinggiran tol Kebun Jeruk akan dilebarkan hingga 18 meter. Pelebaran ini juga akan memakan lahan Universitas Indonesia Esa Unggul, Apartemen Menara Kebon Jeruk, dan berbagai ruko.

Kepada Basuki, Ibu Leo mengaku kaget dengan rencana tersebut. Menurutnya, dia belum mendapat sosialisasi mengenai rencana pelebaran jalan tersebut.

"Kaget, belum pernah ada pemberitahuan apa-apa, tiba-tiba kemarin dipanggil mengenai pelebaran jalan. Pelebaran jalan itu buat apa?" tanya Ibu Leo yang mengaku sudah tinggal di Jalan Arjuna Selatan sejak tahun 1990.

Suami Ibu Leo yang ikut menemui Basuki mengatakan, pelebaran jalan tidak akan menyelesaikan masalah kemacetan. Menurutnya, hal itu malah bisa menambah kemacetan.

Menanggapi itu, Basuki menjelaskan bahwa pelebaran jalan memang bukan untuk menyelesaikan kemacetan. Namun, setidaknya, dengan jalan yang lebar, flow kendaraan tetap jalan.

"Teorinya, tidak ada lebarin jalan bisa menyelesaikan macet. Kalau mau atasi macet, paksa orang pakai mobil pribadi ke kendaraan umum. Itu teorinya," ujar Basuki.

"Kalau kita berargumentasi, untuk apa pemerintah melebarkan jalan, entar juga macet. Kalau begitu, kita stop aja semua, enggak usah ada jalan di DKI, toh juga macet. Enggak bisa seperti itu teorinya. Ini karena ada kepentingan bapak ibu saja," tutur pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

Rencananya, pelebaran jalan itu akan dibereskan selama dua tahun. Tahun ini, Pemprov DKI masih menginventarisasi fisik dan pembebasan tanah.

Menurut Basuki, dia menerima kehadiran dua warga Jalan Arjuna itu di kantornya karena ingin mendengarkan pendapat warga mengenai rencana pelebaran jalan di Jalan Arjuna.

"Kalau dulu, Bapak menginjak sini aja enggak bisa, Pak. Sekarang aja baru bisa. Office boy aja enggak bisa lihat gubernur, kok. Prinsip kami, satu orang pun mengeluh tentang kondisi harta dia, seberapa pun, kami terima. Tapi, ketika kami terima, kami akan pertimbangkan. Ini kepentingan sekelompok orang atau kepentingan orang banyak," ujar Basuki.

0 comment:

Post a Comment