Saturday 1 June 2013

Layanan Internet Jepang Berkecepatan 2 Gbps



Perusahaan teknologi asal Jepang, Sony, telah merilis Nuro, layanan akses Internet berkecepatan 2 Gb per detik (Gbps), dua kali lebih cepat dibanding kecepatan maksimal Google Fiber yang mencapai 1 Gbps.

Sayangnya, untuk saat ini, Sony hanya menawarkan layanan ini kepada sebuah penyedia Internet untuk UKM, apartemen, dan rumahan di Tokyo serta enam distrik lain di Jepang. Bukan di Indonesia.

Biaya langganannya cukup terjangkau, US$50, setara Rp485 ribu per bulan, dengan kontrak dua tahun.

Slashgear melansir, Selasa 16 April 2013, pelanggan juga bisa membayar US$540, setara Rp5,2 juta, untuk instalasi, yang membebaskan tanpa kontrak, jika mengajukan layanan Internet secara online.

Penyedia layanan Internet super cepat Nuro menggunakan GPON, Gigabit-capable Passive Optics Network, sebuah akses jaringan fiber optik khusus untuk pengguna yang mampu mengunduh hingga 2,4 Gb per detik.

Meski menawarkan kecepatan akses super cepat, umumnya komputer yang ada baru mampu menerima akses 1 Gbps, meskipun melalui kabel fiber optik.

Bandingkan dengan tarif di Indonesia. Kocek sekitar Rp500 ribu, pelanggan paling maksimal mendapatkan kecepatan up to 6 Mbps, yakni paket Fastnet Commercial milik First Media, tepatnya Rp595 ribu. Itu pun berbasis sharing alias berbagi kecepatan dengan pelanggan lain, tidak melulu mendapat kecepatan maksimal 6 Mbps.

Sementara itu, pelanggan Telkomspeedy harus merogoh kocek lebih dalam, yaitu Rp645 ribu per bulan, untuk kecepatan yang lebih lamban, maksimum 1 Mbps. 


Warga Jepang kini bisa menikmati akses internet super cepat berkat layanan internet NURO, layanan internet ini memiliki kecepatan akses mencapai 2 Gbps dan 450 Mbps jika diakses melalui Wi-Fi.

Layanan internet NURO ini disupport oleh 2 vendor ternama yaitu So-net dan juga Sony. Saat ini akses layanan internet super cepat NURO hanya bisa dinikmati dibeberapa area tertentu saja seperti bhiba, Gunma, Ibaraki, Tochigi, Tokyo, Kanagawa dan Saitama yang bisa menikmati kecepatan 2 Gbps.


“Layanan ini tidak disediakan secara gratis, pengguna harus mengeluarkan biaya instalasi pertama sebesar 52.500 Yen (sekitar Rp. 5,25 juta), dan iuran perbulan sebesar 4.980 yen (sekitar Rp. 500.000 per bulan) untuk bisa menikmati akses internet 2 Gbps,” Seperti dikutip IDberita.CO.ID dari laman Engadget, Rabu,(17/4/13)

Dengan akses internet mencapai 2Gbps membuat NURO menjadi penyedia layanan internet tercepat didunia, mengalahkan layanan akses internet Google yang berkecepatan 1 Gbps.

0 comment:

Post a Comment