Thursday 2 May 2013

8 CEO yang Gajinya 1.000 Kali Gaji Karyawannya




Selamat Hari Buruh. Kesenjangan gaji antara pekerja dan petinggi perusahaan tak hanya terjadi di negara berkembang, tapi juga di negara berekonomi terbesar di dunia, Amerika Serikat (AS). Banyak perusahaan besar yang gaji CEO-nya berselisih jauh dengan gaji rata-rata karyawannya. Selisih jauh itu tidak hanya sepuluh atau seratus kali, tapi hingga 1.000 kali lebih!

Alkisah, sejak tiga tahun lalu, Kongres AS memerintahkan regulator bursa AS, Securities and Exchange Comission (SEC), untuk mewajibkan perusahaan terbuka mengungkapkan rasio gaji atau kompensasi CEO dibandingkan nilai tengah rata-rata karyawannya. Namun sampai kini, SEC belum membuat aturan apapun untuk mengatur hal ini.

Karenanya, sebagian besar perusahaan tak membuka rata-rata nilai tengah (median) gaji karyawannya. Walau begitu, data di bawah ini diperoleh Bloomberg dengan menghitung rasio berdasarkan rata-rata gaji dan tunjangan karyawan perusahaan AS untuk industri tertentu. Sedangkan perusahaan yang dikalkulasi adalah 250 emiten yang terdaftar dalam indeks Standard & Poor's 500.

KONTAN mengambil delapan teratas dari daftar itu yang memiliki rasio gaji CEO 1.000 kali lebih gaji rata-rata karyawan.

0 comment:

Post a Comment