Tuesday 30 April 2013

Asal Usul Sebutan ATJEH-ACEH



Pertama, Nama Aceh itu yang duloenya dieja dengan A-T-J-E-H mempunyai arti
A = Kakak (bahasa Aceh) dan TJEH = Lahir (bahasa Aceh).
Disebut begitu karena kerajaan Aceh adalah kerajaan yang paling awal di kenal. Dalam hal ini Aceh itu bermakna YANG DULUAN LAHIR. Jika hal ini dijadikan acuan, maka pakar sejarah lah yang dapat mengatakan, apakah yang dimaksud duluan lahir itu, Kerajaannya, Islamnya ataukah duluan dikenal di Manca Negara. Barangkali, karena Kemerdekaan Negeri Belanda yang pertama-tama mengakuinya adalah Kerajaan Aceh.

Kedua
, Versi lain bilang ATJEH itu singkatan dari A(rab) T(jina) J(unani) E(ropa) H(industan). Sulit dibaca tuk agan2 sekarang yang tak pernah tahu ejaan kita telah berubah. C sekarang, dulu ditulis Tj, J yang sekarang dulunya ditulis Dj dan Y sekarang dimana dulu ditulis J. Oleh sebab itu lah tulisan Atjeh berubah menjadi Aceh. di bilang kayak begito Karena suku bangsanya yang mewakili ke lima bangsa tersebut. Orang Arab itu berkulit hitam manis, hidung macung dan berambut tebal. Orang Cina berkulit putih, mata sipit, hidung pesek. Orang Yunani, kulit kemerahan, hidung agak bengkok (seperti paruh burung) dan dahi lebar. Orang Eropa, kulit putih, mata biru, rambut pirang dan Orang Hindustan berkulit hitam, mata coklat kemerahan dan rambut panjang/lebat.



bahwa alasan sejarahlah disebut begitu (Arab – Cina – Yunani – Eropa – Hindustan) datang dan menetap di Aceh dan menjadi bahagian dari masyarakat bahwa kesemuanya itu (Arab – Cina – Yunani – Eropa – Hindustan) datang dan menetap di Aceh dan menjadi bahagian dari masyarakat setempat. Kombinasi dari mereka itulah yang agan2 jumpai sekarang. Maka masyarakat aceh ada yang hitam ada yang bulek, ada yang tubuhnya panjang ada yang pendek, ada yang matanya merem dan ada yang melek, ada yang hidungnya mancung dan ada yang pesek...


SO, yang mana asal usul yg benar dari perkataan ACEH itu?

Jika kita percaya yg pertama bahwa Islam pertama sekali masuk ke Peureulak baru menyebar ke Nusantara, maka kiranya Aceh itu mengacu kepada duluan lahir sebagai kerajaan Islam. Juga jika agan2 percaya bahwa Negeri ini yang pertama kali menjalin hubungan luar negeri sehingga dikenal di mancanegara.
.


Atau percaya yg kedua suku bangsa ini berasal dari ke lima bangsa tadi, maka benarlah kata Aceh (ATJEH) itu adalah singkatan dimaksud.

Jika percaya yg kedua pada asal muasal suku bangsa Aceh yakni Arab – Cina – Yunani – Eropah – Hindustan, maka pertanyan selanjutnya adalah, siapakah yang pertama kali mencetuskan himpunan nama itu sehingga muncul kosa kata Atjeh atau Aceh? Lantas pada event apakah ide ini tercetus dan kemudian menjadi resmi sebagai sebutan untuk daerah ini?

0 comment:

Post a Comment