Tuesday 30 April 2013

Inilah 21 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Menjaga kulit tetap sehat bisa melalui berbagai cara, salah satunya adalah mengonsumsi bahan makanan yang menyehatkan kulit. Terdapat berbagai jenis makanan yang diketahui sangat baik pengaruhnya bagi kulit, termasuk kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran hijau.

Kacang-kacangan kaya akan vitamin A, Vitamin E dan asam lemak omega-3. Kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya nutrisi penting untuk kulit anda karena bekerja melindungi kulit dengan membentuk membran kaya cairan pada kulit. Rutin mengonsumsi kacang-kacangan akan menjadikan kulit tetap lembab dan fleksibel sehingga datangnya keriput bisa diperlambat.

Buah-buahan adalah sumber alami yang kaya akan antioksidan, vitamin, serat, dan mineral untuk menjaga kulit anda tetap mulus. Sayuran berdaun hijau merupakan sumber yang baik bagi antioksidan, vitamin C, E, dan beta-karoten, yang mempunyai sifat meningkatkan kekebalan tubuh, selain juga melindungi terhadap penyakit kanker, radang sendi, dan jantung. Sayuran juga memainkan peran penting dalam pembaruan kulit dan penghapusan radikal bebas berbahaya.

Berikut adalah 21 jenis bahan pangan yang dapat menjaga kulit tetap sehat:

1. Ikan

Ikan merupakan sumber yang kaya minyak Omega-3, komponen yang memainkan peran sangat penting dalam meningkatkan elastisitas kulit dan dapat mengurangi keriput di wajah. Asam lemak Omega-3 tidak diproduksi oleh tubuh kita sehingga kita harus mengasupnya dari makanan. Beberapa jenis ikan yang baik buat kulit anda termasuk: salmon, ikan kembung, herring, sarden, dan makarel.

2. Serelia utuh

Serelia utuh tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga memiliki sumber yang kaya vitamin, mineral, protein, dan serat. Serelia juga bertanggung jawab untuk menurunkan kolesterol darah dan membantu dalam mencegah penyakit jantung. Setelah Anda mendapatkan tubuh yang sehat, maka secara tidak langsung kulit yang sehat juga akan Anda peroleh. Sumber serelia utuh termasuk: gandum dan beras merah.

3. Minyak zaitun dan lemak sehat lainnya

Minyak zaitun adalah salah satu bahan makanan yang baik bukan hanya untuk kulit tapi juga untuk rambut, kuku, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti alpukat, minyak zaitun kaya dengan lemak baik, vitamin A, dan vitamin E, untuk membuat kulit halus dan awet muda. Pilihlah jenis virgin olive oil yang belum diproses secara kimiawi.

Beralihlah mengonsumsi lemak sehat yang kaya antioksidan. Lemak ini bertindak sebagai pembawa lemak larut vitamin A, C, dan E yang sangat diperlukan untuk memperoleh kulit mulus. Sumber lemak sehat lainnya yaitu minyak safflower, dan minyak wijen.

4. Teh

Hindari semua minuman yang kaya akan kafein. Hal ini dikarenakan kafein memiliki kekuatan untuk menghancurkan vitamin dalam tubuh Anda. Sebaiknya minum teh hijau yang kaya akan kandungan EGCG-antioksidan super yang memiliki kemampuan untuk membalikkan oksidasi dan peradangan kulit yang muncul dalam bentuk keriput, kerusakan kulit, atau luka.

5. Air

Hampir 70 persen dari tubuh kita terdiri adalah air. Jika Anda sampai kekurangan cairan, maka kulit akan terasa seperti kering, bersisik, dan kurang gizi. Air dapat dengan mudah kita dapatkan, di samping juga mampu membuat suatu keajaiban bagi kulit Anda dan membuatnya bersinar. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.

6. Melon

Buah ini meningkatkan antioksidan dalam tubuh sehingga akan meningkatkan kemampuan tubuh menyerap radikal bebas yang pada gilirannya dapat mengurangi masalah kulit sehingga anda memiliki kulit sehat.

7. Tomat

Ini adalah makanan yang kaya antioksidan dan memiliki kemampuan yang sama seperti melon dalam mempercantik kulit.

8. Buah beri

Stroberi, blueberry, blackberry dan semua jenis berry sangat kaya akan antioksidan. Makan berri secara langsung atau dicampur dengan makanan lain, dapat meningkatkan kesehatan kulit anda sepanjang hari. Buah jenis berry mengandung kolagen yang membuat kulit kenyal, halus, dan kencang. tapi inget ya gan bukan blackberry yang handphone itu 

9. Anggur

Buah jenis ini benar-benar kaya akan vitamin C, yang sangat bagus untuk mengurangi masalah penuaan dan pengeriputan kulit.

10. Jeruk

Sama seperti anggur, jeruk sangat bagus untuk kulit karena kaya akan kandungan vitamin C.


0 comment:

Post a Comment