Tuesday 31 May 2011

Macam - Macam Peringatan Bahaya di Bungkus Rokok Di Dunia


 Pemerintah federal di Amerika akan meluncurkan peraturan baru tentang peringatan kesehatan bergambar yang lebih berani dan menakutkan pada iklan dan bungkus rokok. Lalu bagaimana dengan Indonesia?
Peraturan baru yang diusulkan ini merupakan perubahan terbesar dalam peringatan kesehatan tembakau dalam 25 tahun terakhir.
“Peringatan ini termasuk 9 peringatan bergambar baru yang lebih besar, lebih terlihat tekstual dan grafis yang menggambarkan konsekuensi bahaya kesehatan dari merokok,” tulis Departemen Kesehatan US dalam rilisnya, dilansir CNN, Sabtu (13/11/2010).
Dalam rilis tersebut juga disebutkan bahwa publik akan memiliki kesempatan untuk menimbang dan memilih 36 gambar yang diusulkan hingga 9 Januari 2011 mendatang.
Dengan asumsi rencana bergerak maju sesuai jadwal, Food and Drug Administration (FDA) akan memilih 9 peringatan dan gambar yang akan diterapkan paling lambat 22 Juni 2011.
Aturan penggunaan gambar dan peringatan baru ini akan diterapkan pada semua rokok yang didistribusikan untuk dijual di Amerika Serikat dan akan berlaku pada 22 Oktober 2012.
“FDA mengambil langkah penting untuk mengurangi sejumlah besar penyakit dan kematian yang disebabkan oleh penggunaan tembakau dengan mengusulkan secara radikal perubahan tampilan bungkus rokok dan iklan di negeri ini,” kata Komisaris FDA, Margaret Hamburg.
Menurut Hamburg, saat aturan ini sudah berlaku, risiko kesehatan dari merokok akan terlihat jelas setiap seseorang mengambil sebungkus rokok.
“Ini adalah contoh bagaimana tanggung jawab baru FDA untuk regulasi produk tembakau sehingga dapat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat,” jelas Hamburg.
Menurut Mathew L. Myers, presiden Campaign for Tobacco-Free Kids, usulan peraturan baru ini merupakan perubahan yang paling signifikan dalam peringatan rokok AS.
“Ini sudah waktunya. Kanada bahkan telah memiliki label yang sama setidaknya sejak 5 tahun terakhir. Label ini sangat efektif dalam mengurangi konsumsi rokok,” ujar Richard Daynard, dari advokasi Anti-tobacco.

Macam - macam Peringatan pada label rokok .

Peringatan Bahaya di Bungkus Rokok Amerika Makin Menakutkan, Bagaimana RI?   


0 comment:

Post a Comment