Wednesday 11 July 2012

Hasil Undian AFF Suzuki Cup 2012 (Lengkap)


Hasil Undian AFF Suzuki Cup 2012 (Lengkap). AFF Suzuki Cup 2012. Jadwal Suzuki Cup 2012. Semarak Piala AFF Suzuki Cup 2012 akan terasa pada drawing di Bangkok, Thailand meskipun menyisakan waktu tidak lebih dari lima bulan. Malaysia dan dan Thailand menjadi tuan rumah AFF Suzuki Cup 2012.
Malaysia dan Thailand berada di group terpisah telah dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan tahun ini yang merupakan edisi kesembilan. Penentuan grup tersebut akan ditentukan dalam acara yang digelar di Chaturathit Ballrom hotel Golden Tulip Sovereign, Bangkok.

Sebagai tuan rumah Malaysia dan Thailand dipastikan bakal berlaga di putaran final yang bergulir pada akhir November. Mereka bakal menantikan tim yang akan menjadi lawan berdasarkan hasil drawing. Tiga semi-finalis penyelenggaraan sebelumnya, yakni Indonesia, Vietnam, dan Filipina, serta juara 2008 sudah dipastikan berlaga di putaran final.

Dengan hadirnya Filipina yang tampil mengejutkan di 2010, maka Myanmar harus rela turun kasta. Myanmar terpaksa memulai perjalanan mereka dari babak kualifikasi, dan bertindak sebagai tuan rumah. Mereka bakal menghadapi tantangan dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Babak kualifikasi ini akan digelar pada 5-13 Oktober dengan sistem setengah kompetisi. Dua peringkat teratas kualifikasi akan lolos ke putaran final pada akhir November.

Dari sisi penyelenggaraan, federasi sepakbola ASEAN (AFF) tentunya berharap pagelaran AFF Suzuki Cup 2012 ini bisa melebihi kemeriahan sebelumnya, dimana Indonesia dan Vietnam bertindak sebagai tuan rumah.

Sejak digelar pada 1996, catatan dari berbagai aspek mengalami peningkatan, baik jumlah penonton di stadion maupun melalui tayangan televisi. Dari ajang yang digelar selama 12 hari, total penonton datang ke stadion mencapai 765.320, dan disaksikan 192 juta pasang mata melalu televisi.

Selain itu, hadiah untuk penyelenggaraan kesembilan kalinya ini mengalami peningkatan. Juara bakal mendapatkan hadiah US$200 ribu, dan runner-up membawa pulang US$75 ribu.

Sebagai juara bertahan, Malaysia tentunya berharap bisa mempertahankan trofi yang mereka rebut di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada akhir 2010 lalu. bermain di kandang akan memperlicin langkah Harimau Malaya mewujudkan ambisinya tersebut.

Sedangkan Thailand akan menjadikan momentum ini sebagai kesempatan memperbaiki harga diri mereka setelah mengalami keterpurukan. Mereka untuk kali pertama gagal melangkah ke semi-final pada 2010. Catatan buruk itu berlanjut ke ajang SEA Games satu tahun kemudian.

0 comment:

Post a Comment